Rabu, 10 Agustus 2011

karangan Jupe Datang ( Jujur Peduli Cerdas Tangguh )


Training Of Trainer (TOT) adalah kegiatan dimana kita di latih atau di coba untuk menjadi seorang The Winner, Kegiatan ini benar benar memiliki banyak manfaat dan dapat membangun kepribadian. Karena di TOT kita belajar tentang bagaimana kita harus bersikap ketika bekerja dalam tim.
Dalam TOT saya mendapatkan pelajaran tentang JUPE DATANG, yaitu jujur, peduli, cerdas dan tangguh.
Di awal TOT kita sudah di berikan games yang membutuhkan keCERDASan, tapi bukan kecerdasan dari suatu pengetahuan, tapi di games ini kita belajar tentang bagaimana kita menyelesaikan masalah dengan berbagai solusi, bagaimana kita bisa mendahulukan akal daripada emosi, menemukan jalan keluar dengan berbagai sudut pandang dan berbagai solusi lain, tidak terpaku dengan apa yang ada di depan kita, apa yang biasanya,, tapi bagaimana kita mengolah pikiran kita untuk tetap tenang dalam menemukan jalan keluar itu. Setiap masalah pasti memiliki jalan keluar, Cuma untuk mencarinya terkadang kita harus keluar dari jalan biasanya..
Lalu pada games menerjang ketidakmungkinan, kita di sini belajar tentang keTANGGUHan, bagaimana sampai ke tujuan tapi dengan lubang kecil yang hanya cukup untuk 1 badan kita, dengan banyak rintangan tentunya. Apa yang akan kita lakukan? Apa kita akan mundur? Tidak bukan.. kita harus melewatinya, meskipun itu benar benar susah, bahkan meskipun kita harus kembali untuk mengulanginya berkali kali, tapi kita tidak boleh menyerah, kita harus tangguh, kita harus berjuang sampai akhir, tetap semangat, tetap nekat dan maju, karena itu ibarat hidup kita yang harus di tempuh dengan berbagai rintangan dan celah yang kecil. Kita tidak akan mendapatkan apa yg kita mau tanpa usaha yg keras.
Kemudian pada games selanjutnya yaitu melewati gelas yg berisi air dengan mata tertutup atau dengan nama game Trush. di sini kita belajar tentang JUJUR, naah.. jangan salah, mata tertutup bukan berarti tertutup sepenuhnya, karena kita tidak tahu bukan penutup matanya benar benar menutup apa belum, jika ada celah bagaimana? Kita belajar kejujuran di sini.. mudah saja kita pemain itu bisa melihat lewat celah, bisa melewatinya dan memperoleh kemenangan (saja), tapi jika kita mau jujur, games ini akan lebih banyak manfaatnya, yaitu kepercayaan tim, konsentrasi , kesabaran , serta menfokuskan pendengaran pada seorang teman yang mengarahkan.
Selain itu, ada lagi games yang sangat seru yaitu kelapa kepala, games ini sangat di butuhkan kekompakan dan kePEDULIAN, karena saya sekelompok harus mampu membawa kelapa dengan kepala kita dengan jarak yang cukup jauh dan rintangan yang susah pula, di sini di perlukan kepedulian, jika ada salah satu yang posisi kepalanya tidak tepat, atau sakit ketika terkena batang kelapanya ataupun susah dalam berjalan melewati rintangan itu, kita harus dapat peduli terhadap salah satu teman kita itu, bukan tambah memarahinya, tapi kita harus membantunya agar bisa melewatinya bersama sama. Bagaimana kita berkomunikasi dengan baik, mau mengerti dan memahami keadaan orang lain. Kemenangan adalah nomer2, yang penting kita dapat sampai di tempat itu bersama sama .Karena dalam konteksnya, di kehidupan kita tidka hidup sendirian, kita membutuhkan orang lain dan orang lain juga membutuhkan kita, jadi kita harus mau saling membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar